#34 Saya Bukan Penulis

Pengunjung Galeri Nio 🎨

I was not a writer.
Saya bukan penulis.

Tidak semua penulis berangkat dari menulis. Ada yang bermula dari seorang pemusik, aktivis, pendaki, pelukis, dan lain sebagainya. Begitu pula saya. Dibesarkan oleh kemampuan menggambar yang terus diasah (meski masih amatir sampai sekarang πŸ˜…). Saya seorang komikus.

Seperti kebanyakan komikus, selalu diawali dengan ketertarikan pada komik dan anime. Imajinasi yang meluap disalurkan melalui goresan tangan. Mimik para tokoh serta penampilan dan perwatakan ditampakkan secara visual melalui media garis. Penambahan warna sebagai penguat serta pemanis juga sangat penting bagi kekuatan gambar. Daya tarik dan bobot cerita lebih penting lagi pengaruhnya.

Perjalanan saya sebagai komikus dimulai saat SMP. Komik perdana saya dituang pada dua buku gambar. Sayangnya, bagian pertama hilang bersamaan dengan banjir yang melanda. Jangan ditanya bagaimana gambar dan ceritanya, ya! Karena sudah pasti tidak keruan dan tidak masuk akal. Judulnya lupa, tapi di akhir cerita saya tulis "Kocil", akronim dari komik kecil. 😁
Cuplikan komik perdanaπŸ˜…
Komik kedua berjudul "Monster High". Masih masa SMP. Digambar pada kertas HVS. Gambar di komik ini sangat dipengaruhi anime apa yang sedang saya tonton, atau komik yang sedang saya gandrungi. Gambarnya berubah-ubah setiap subjudul.

Anime dan komik yang saya maksud adalah Monster Collection Knight, Magic Knight Rayearth, Yu Yu Hakusho, Tokyo Mew Mew, Super Gals, dan Hikaru no Go. Komik ini akhirnya terbengkalai setelah sampai subjudul keenam.
Lembaran komik kedua
Setelah kedua komik tersebut, bermunculan berbagai ide cerita. Ide-ide saya tulis dengan detail dalam sebuah buku, tetapi sepertinya kini hilang juga (πŸ˜…). Gambar di komik-komik berikutnya sudah lebih stabil. Selama masa SMA, saya lebih aktif ngomik dan berhasil menelurkan beberapa karya utuh. Namun, karena masih amatir, pembacanya hanya dari kalangan teman sekolah.
Gambar di atas adalah sampul salah satu komik masa SMA. Tersimpan rapi dalam satu buku gambar ukuran A4.
Kalau yang ini adalah komik pesanan teman. Namun, ide cerita murni dari saya. Komik berjudul "Art Camp" tersebut pernah saya unggah di salah satu web komik, tapi karena sudah terlalu lama, jadi lupa nama websitenya. 😢

Beberapa ide komik yang saya beri label "Top Stories" masih tersimpan rapi. Jika ide-ide tersebut tidak bisa lahir sebagai komik, maka saya harap bisa melahirkannya dalam wujud novel. Untuk itu, saya akan belajar menjadi penulis yang baik dan profesional.

Semoga tulisan ini tidak membuat Pengunjung panik dan kabur.

Terima kasih😊

Comments

  1. bukan tulisannya yg bikin kabur :D judulnya

    ReplyDelete
  2. Debut awal di dunia kepenulisnya keren loh kamu kak.

    Sama, saya juga bukan penulis sungguhan. Hanya orang yg suka dengan dunia kepenulisan.
    Awal suka dunia menulis juga pake alasan yang pasaran. Bermula dari seseorang yang memutuskan untuk pamit setalah menghuni hati. Alhasil luapan emosi kala itu seiring berjalannya waktu kini jadi entahlah entahlah... Hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih amatir kog ~ belok pula πŸ˜…

      Yes, puisi selalu lahir dr rasa yang tertinggal atau kasih tak sampai ...

      😢 #ehitujudullagu

      Delete
  3. Terima kasih atas sharingnya. Di hari lain, aku juga akan berbagi tentang bagaimana akhirnya aku menulis karena reproduksi ide dari gamr dan komik.

    ReplyDelete
  4. πŸ€—πŸ‘πŸ‘πŸ˜Škereen .. Aku ae tak bisa gambar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah 😊,
      πŸ˜… gambarq jg standard kog~

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

#24 Penduduk Nganjuk dan Kesenian Daerahnya

#23 Bentang Alam dan Pembagian Wilayah Kabupaten Nganjuk

#25 Tujuh Belas Tempat Wisata Populer Nganjuk