#25 Tujuh Belas Tempat Wisata Populer Nganjuk

Pengunjung Galeri Nio 🌻


"Seri Info Nganjukku" yang keempat akan mengajak Pengunjung untuk berwisata keliling Nganjuk. Mulai dari yang alami ciptaan Tuhan sampai yang buatan manusia untuk mengenang jasa sesamanya.


Jangan terkecoh dengan mengira saya sudah mengunjungi tempat-tempat wisata yang akan dibahas. Dari sekian banyak tempat wisata di Nganjuk, saya hanya sudah menyambangi Air Merambat Roro Kuning saja (hiks 😒 ... sedihnya).


Foto-foto cantik dan menawan yang terpajang adalah hasil jepretan wisatawan lain. Jadi setelah menulis daftar ini, saya harap bisa menikmati dan mengaguminya secara langsung.


4. Tujuh Belas Tempat Wisata Populer Nganjuk

1. Air Terjun Roro Kuning

Di obyek wisata Air Terjun Roro Kuning, Pengunjung akan dimanjakan dengan panorama air terjun yang sangat indah. Airnya mengalir melalui bebatuan yang nampak berkilauan di bawah sinar matahari. Karena banyaknya pepohonan di sekitar, udara di sana juga sangat sejuk. Di wilayah objek wisata ini juga ada hutan penangkaran rusa. Jadi bisa sekalian bercengkrama dengan fauna langka.

Alamat: Desa Bajulan, Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk.

2. Candi Lor



Tentunya Pengunjung masih ingat dengan tulisan saya tentang sejarah Nganjuk, bukan? Inilah candi yang menjadi cikal bakal Kabupaten Nganjuk. Kondisinya memang sudah tidak utuh, tetapi sejarah yang dikandungnya sangat berharga. Di sinilah prasasti Anjuk Ladang ditemukan. Pohon kepuh yang tumbuh di bangunan candi sekilas seperti merusak bangunan candi. Namun, justru akar pohon inilah yang menyangga candi agar tetap kokoh.

Panorama indah candi dipadu dengan taman yang cantik semakin menambah daya tarik dari obyek wisata ini. Pengunjung bisa menggunakan candi dan area di sekitarnya untuk latar belakang foto-foto bersama dengan keluarga atau sahabat tercinta.

Alamat: Desa Candirejo, Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk.

3. Monumen Dr. Soetomo
Di Nganjuk ada pula monumen yang wajib untuk didatangi. Sebagai warga negara yang baik, kita memang harus menghormati jasa para pahlawan, salah satunya dengan mengunjungi sebuah monumen seperti Monumen Dr. Soetomo ini.

Di sana Dr. Soetomo dipatungkan dalam posisi duduk di kursi, tangannya berada di atas buku terbuka yang jelas menggambarkan bahwa beliau adalah seorang cendikiawan yang sedang menekuni dan memperdalam ilmu pengetahuan.


Patung ketiga ini diresmikan Menteri Penerangan RI (H. Harmoko) pada 6 Mei 1986. Dua patung Dr. Soetomo yang lainnya ada di kota pahlawan Surabaya. Dua patung yang terdapat di Surabaya yaitu di depan Rumah Sakit Dr. Soetomo, berupa patung perunggu separo badan dan satunya di depan Gedung Nasional Indonesia berupa patung dari batu dalam posisi berdiri penuh.

Alamat: Desa Ngepeh, Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk.

4. Monumen Jendral Soedirman
foto dari @aditta_ap
Berjarak sekitar 22 Km dari pusat kota Nganjuk menuju arah selatan. Monumen ini dibangun untuk menghormati pahlawan Nasional Jendral Soedirman. Di dekat monumen ini juga terdapat museum yang bisa dikunjungi. Jaraknya kurang lebih 3 Km dari monumen Jendral Soedirman ini menuju ke arah selatan. Tempat ini setiap tahunnya juga digunakan sebagai tempat acara Napak Tilas.

Alamat: Desa Bajulan, Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk.

5. Bukit Goa Dali
Keindahan obyek wisata Bukit Goa Dali atau yang disebut dengan Alas Patuk wajib dinikmati. Menurut masyarakat setempat, dulu, Bukit Goa Dali digunakan sebagai tempat ritual pada saat bulan Suro. Di sana anda bisa melihat-lihat pemandangan bukit yang indah, sejauh mata memandang warna hijau akan menghiasi pandangan, dan karena itu juga udara di sana sangat sejuk.

Alamat: Desa Macanan, Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk.

6. Air Terjun Sedudo
Popularitas obyek wisata yang satu ini memang tidak perlu dipertanyakan lagi. Untuk bisa sampai ke sana, diharuskan melewati jalanan di pegunungan dengan medan yang lumayan curam, jadi pastikan kendaraan dan sopirnya memiliki kondisi yang prima. Namun, rasa lelah setelah melalui perjalanan tersebut dijamin akan hilang setelah sampai, karena pemandangan di sana akan membuat terpesona. Air terjun yang tinggi dengan pepohonan di sekitar semakin membuat suasana terasa adem dan sejuk.

Ketinggiannya mencapai 105 Meter, berada di ketinggian dataran sekitar 1.438 Mdpl. Air terjun ini juga di keramatkan oleh penduduk sekitar karena konon ada energi supranatural dari air terjun ini. Jadi tetap jaga kesopanan, ya.

Alamat: Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk.

7. Air Terjun Singokromo
Objek wisata air terjun yang satu ini memang sangat indah. Ketinggian air terjun ini hanya 20 meter. Tetapi pemandangan yang menawan bisa Pengunjung nikmati di tempat rekreasi Nganjuk ini. Jadi sayang sekali jika liburan di Nganjuk tanpa mengunjungi obyek wisata yang satu ini.


Lokasinya pun berdekatan dengan lokasi air terjun Sedudo. Obyek wisata yang murah ini masih alami. Sehingga akses jalannya belum baik dan sedikit menyulitkan perjalanan.

Alamat: Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk.

8. Bukit Batu Ngroto
Bukit Batu Ngroto atau yang dikenal juga dengan nama Bukit Batu Songgong. Untuk menuju kesana, hanya perlu berkendara sekitar 1 jam dari tengah kota. Jalan untuk menuju ke Bukit Batu Ngroto juga sudah bagus. Namun, sayangnya di sana fasilitas masih minim, tetapi bukan berarti tidak bisa menikmati liburan.

Alamat: Desa Margopatut, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk.

9. Goa Ndalem
Walaupun dibilang angker oleh orang-orang, masih banyak juga pecinta alam yang datang ke sana untuk berpetualangan melihat isi gua. Gua yang berada di lereng Gunung Wilis ini juga memiliki pemandangan alam yang indah khas pegunungan dengan suasana yang sejuk.

Alamat: Desa Kebon Agung, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk.

10. Bukit Watu Lawang
Obyek wisata Bukit Watu Lawang yang ada di Nganjuk ini juga sekarang sedang hits. Pengunjung bisa dengan mudah menuju ke sana dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor bersama dengan teman-teman dan atau keluarga besar.

Bukit Watu Lawang menawarkan pemandangan alam yang indah dan tidak kalah cantiknya dari obyek wisata lain di Nganjuk. Panorama khas perbukitan akan sangat menyegarkan mata tentunya, hijaunya pepohonan dan semilir angin yang sejuk akan membuat para pengunjung semakin betah berlama-lama. Lokasi ini bisa dijangkau dengan hanya berjalan kaki dari Air Terjun Sedudo.

Alamat: Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk.

11. Candi Ngetos
Dibangun pada abad 15 digunakan sebagai pemakaman Raja Hayam Wuruk. Lokasi obyek wisata edukasi di Nganjuk ini berada di samping jalan raya. Sehingga akan mudah untuk dikunjungi.

Bangunan candi bercorak Hindu ini sudah mengalami perubahan karena banyak batu candi yang rusak dan hilang dimakan usia. Tapi keindahannya masih legendaris dan penuh akan bersejarah.

Sayangnya obyek wisata bersejarah makin lama makin jarang dikunjungi oleh para wisatawan. Nah, bagi yang masih ingin melestarikan obyek wisata seperti ini, bisa datang ke Candi Ngetos yang ada di Nganjuk.

Alamat: Desa Ngetos, Kecamatan Ngetos, Kabupaten Nganjuk.

12. Air Terjun Sumber Manik
Air Terjun Sumber Manik, yaitu sebuah air terjun yang airnya terlihat merambat di bebatuan sehingga membentuk grojogan besar.

Banyak wisatawan yang datang ke tempat ini terlebih lagi saat sedang libur lebaran. Di sana juga bisa melihat pemandangan alam yang cantik, pepohonan rimbun dan juga burung-burung liar yang suka berterbangan menambah indah suasana.

Alamat: Desa Blongko, Kecamatan Ngetos, Kabupaten Nganjuk.

13. Air Terjun Ngebleng
foto dari @fsadam
Wisata air terjun yang satu ini masih asri dan belum di kelola sehingga belum ada tiket masuk wisata. Pengunjung bisa sampai di tempat ini dengan berjalan kaki sekitar satu jam dengan jarak sekitar 2 km dari pemukiman warga. Di tempat ini anda bisa melihat pesona air terjun yang alami dan masih terjaga keindahannya.

Alamat: Desa Pule, Kecamatan Jatikalen, Kabupaten Nganjuk.

14. Gua Margo Tresno
foto dari @dicky_ws_
Gua dengan suasana mistis dan magis bisa dijumpai di Gua Margo ini. Jaraknya sekitar 30 menit berjalan kaki dari pintu masuk. Di dalam goa ini belum ada fasilitas penerangan sehingga suasananya masih gelap dan di huni ribuan hewan malam yaitu kelelawar.

Lokasi wisata gua di Nganjuk ini ada di dalam hutan jati yang berada di kawasan Pegunungan Kendeng. Di kawasan ini Pengunjung juga bisa mandi di kolam yang ada di depan gua. Menikmati airnya yang segar dan bersih pastinya akan mengobati lelahnya perjalanan.
 
Alamat: Desa Sugih Waras, Kecamatan Ngluyu, Kabupaten Nganjuk.

15. Air Terjun Sumber Miri
foto dari @aditsarkodit
Wisata ini adalah wisata air alami yang sangat memanjakan. Lokasinya berada di tengah hutan yang alami dan eksotis sehingga sensasi yang luar biasa akan disuguhkan di obyek wisata ini.


Pengunjung bisa berenang di sungai batuan kapur yang terdapat kolam yang bisa digunakan untuk berenang melepas penatnya pikiran. Batuan kapur yang artistik bisa dimanfaatkan untuk berfoto ria.

Alamat: Desa Sumber Miri, Kecamatan Lengkong, Kabupaten Nganjuk.

16. The Legend Waterpark
foto via @bundanyanabilah
Wisata air yang satu ini bernama The Legend Waterpark yang ada di Nganjuk. Letaknya ada di pinggir jalan raya, jadi sangat mudah untuk menyambanginya.

Lokasi tempat bermain anak di Nganjuk ini sangat luas. Di lengkapi fasilitas kolam renang yang banyak dan wahana air yang beragam. Di sini juga ada Food Court, Bioskop 4D, lapangan futsal, panggung hiburan, rumah hantu dan masih sangat banyak lagi.

Wisata ini sudah berstandar Internasional jadi sangat disayangkan jika anda tidak mengunjunginya saat berlibur di Nganjuk.

Alamat: Jalan raya Surabaya-Madiun, Kecamatan Kertosono, Kabupaten Nganjuk.

17. Grojogan Putri Ayu
Grojogan Putri Ayu adalah sebuah obyek wisata alam yang menawarkan pemandangan air terjun yang mengalir dari ketinggian serta panorama khas alam di sekelilingnya yang tentu memesona.

Di sana juga ada sebuah gua yang bisa disusuri jika Pengunjung suka dengan petualangan yang sedikit menantang. Untuk menuju kesana juga tidak terlalu susah, selain jalan ke arah Grojogan Putri Ayu sudah bagus, lokasinya tidak jauh dari tengah kota.

Alamat: Desa Sambikerep, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Nganjuk.



Selain yang sudah dipaparkan di atas, sebenarnya masih banyak potensi wisata di Kabupaten Nganjuk terutama bagian selatan. Pemerintah Nganjuk sudah memrogramkan pengembangan dan pengelolaan tempat wisata baru di daerah tersebut.


Semoga tulisan ini bermanfaat. Sampai jumpa besok di seri terakhir "Seri Info Nganjukku".


Terima kasih 😊


Sumber informasi dan gambar: id.wikipedia.com, https://google.com, dan dokumen foto pribadi suami πŸ˜…

Comments

  1. Hanya air terjun sedudo aja mbak yang sudah hihihi πŸ˜‚

    ReplyDelete
  2. Nganjuk keren ya. Temanya pegunungan. Kalau Lampung, temanya laut seperti pulau Pahawang(aku pun belum pernah ke sana ). Anyway..terima kasih tulisannya bagus. Jadi pingin ke Nganjuk^&

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah 😍 aq jg suka laut, Kak
      Ayo ke Nganjuk πŸ˜†

      Delete
  3. Bulak balik k nganjuk tp cmn numpang lewat aja, satu2ny tmpat yg pernah kusinggahi adalah bakmi jawa yg d pojok bunderan..wakakak
    Tnyta nganjuk banyak ya wisata alamnya 😍😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kulineran πŸ˜…...

      Iya Kak, buanyak πŸ˜†

      Delete
  4. πŸ˜πŸ‘ada beberapa yg aku belum jelajahi 😁

    ReplyDelete
  5. Kapan ya ada yang ngajak touring jelajah wisata Nganjuk?

    Ngarep.com

    ReplyDelete
  6. wah ... tinggal ngontel, sampai ini ... :D
    ngomong2, air terjun Ngebleng juga diakui berada di Jombang, Mbk.
    Karena sepertinya dia berada di perbatasan Plandaan (Jombang) dan Jatikalen (Nganjuk)

    aksesnya lumayan susah kalau kesana.
    Saya sih belum pernah kesana, karena baru dengar akhir2 ini. Padahal, saya asli Plandaan.

    Yang sering, mandi di banyuanget Lengkong.

    ReplyDelete
  7. jadi pengen maen ke nganjuk πŸ˜πŸ˜‚πŸ˜πŸ˜

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo 2, 😁 nabung uang dan waktu πŸ™Š

      Delete
  8. Replies
    1. Aq juga ..😭
      Padahal dekat 😭 huaaaa

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

#24 Penduduk Nganjuk dan Kesenian Daerahnya

#23 Bentang Alam dan Pembagian Wilayah Kabupaten Nganjuk