#28 Kumpulan Menu Olahan Sayur Sembunyi


Pengunjung Galeri Nio πŸ’
Sayuran adalah sumber serat, vitamin, serta mineral yang sangat penting bagi tubuh. Namun apa jadinya jika anggota keluarga kita termasuk pasukan anti sayur?


Meskipun sudah dibujuk bahkan dijelaskan fakta manfaat sayur, ada saja alasan mereka menganaktirikan sayur dan menyisihkannya di pinggir piring. Tidak enak. Hambar. Pahit. Bau. Jelek. Menakutkan. Ha~


Tentunya kita harus pandai dalam menyiasati perlawanan mereka (hehehe). Taktik harus disusun sedemikian rupa agar mereka bisa menerima sayur sebagai sekutu tercinta πŸ’.


Nah, sesuai permintaan dari Ibu Erika, maka artikel dalam Galeri Kuliner kali ini akan membahas menu-menu olahan sayur sembunyi. Mengapa 'sembunyi'? Karena sayurnya tidak kelihatan. Bersembunyi di antara bahan-bahan pendukung.


Baiklah, mari bergerilya menaklukkan pasukan anti sayur!


Gelombang pertama adalah olahan sayur dengan rasa yang gurih.


1. Nugget


Kelebihan nugget adalah bisa disajikan sebagai lauk dan camilan. Menu ini sangat cocok untuk membujuk si kecil, tetapi si besar juga pasti luluh dengan godaan olahan sayur ini.
Nugget sayur siap goreng bisa didapatkan dengan mudah sekarang. Banyak produsen peduli kesehatan yang memroduksinya. Namun jika ingin berhemat, Pengunjung bisa membuatnya sendiri.


Bahan yang umum digunakan sebagai bahan dasar nugget adalah daging ayam dan ikan, tetapi bisa juga diganti tahu atau tempe. Tambahan sayuran bisa berupa serutan atau potongan dadu kecil wortel, irisan jamur, bayam, brokoli, atau sayuran lain sesuai selera.




2. Omelet
Menu murah meriah dan sangat mudah dieksekusi. Omelet atau telur dadar mudah dikreasikan dengan bahan tambahan apapun. Apalagi sayur. Cukup tambahkan berbagai rajangan atau irisan sayur dalam kocokan telur, bumbui sesuai selera, masak di wajan dengan bentuk sesuai selera. Cepat dan lezat.


3. Otak-otak

Menu yang satu ini juga bisa dikolaborasikan dengan berbagai jenis sayur. Sama seperti dua menu sebelumnya sayuran harus dipotong dengan ukuran kecil.


4. Roll Kyabetsu/Kubis gulung

Roll Kyabetsu atau kubis gulung adalah menu gabungan Jepang-Rusia. Daging cincang berbumbu ringan dicampur potongan sayur, dibungkus dengan kubis yng sudah direbus sebentar. Lalu disajikan bersama kuah kaldu yang nikmat.


5. Pangsit

Menu pangsit bisa disajikan dengan dua cara. Yang pertama adalah digoreng lalu dicocol dengan sambal. Cara kedua dengan dikukus dan disajikan bersama kuah.


6. Nasi Goreng

Nasi goreng selalu menjadi menu favorit. Cara menyelipkan sayur dalam hidangan ini bisa dengan mencampurnya langsung atau bisa juga dihaluskan bersama bumbu nasi goreng.


7. Risoles

Risoles sangat bisa dijadikan sebagai markas rahasia sayur. Rasa risoles yang gurih bisa mngimbangi aroma sayuran yang berada di dalamnya.


8. Pizza

Makanan cepat saji yang satu ini bisa dibuat dengan cara sehat. Taburan irisan atau olahan sayur dibalut dengan gurihnya keju pasti bisa melelehkan hati pasukan anti sayur.


9. Tahu Isi



Ini dia kesukaan saya. Tahu isi. Aneka macam sayur di dalamnya berpadu dengan lapisan lembut tahu, lalu dibungkus tepung krispi ... Wah~ nikmatnya.


10. Nasi Kepal



Menu nasi kepal biasanya disiapkan sebagai bekal. Cara makan yang praktis sangat menghemat waktu. Membuatnya pun cukup mudah dan cepat. Cukup campur rata nasi hangat dan berbagai potongan sayur yang sudah matang, bumbui sesuai selera. Kepal kepal. Selesai.


11. Sup

Sup kental biasanya terbuat dari labu. Namun, tidak ada salahnya jika kita mengkreasikan sayuran lain dengan hasil agar selezat sup labu.


12. Pie

Kue pie umumnya berisi selai buah atau olahan susu. Isian pie ternyata bisa diganti dengan olahan sayur. Dan tentu saja, rasanya tidak kalah lezat meski dengan sensasi gurih alih-alih manis.


13. Mie

Mie berbahan sayur bisa dengan mudah kita jumpai di toko daring. Warna warni alami sayur tentunya semakin menggoda selera makan. Sebenarnya kita bisa membuat mie sayur sendiri di rumah, tetapi butuh ketelatenan agar hasilnya maksimal.


14. Keripik



Camilan yang satu ini pasti banyak yang suka. Apalagi sebagai kudapan pendamping saat berkumpul bersama keluarga tercinta. Ada banyak pilihan keripik sayur. Mulai dari kentang, wortel, bayam, terong, dan lain sebagainya.


Gelombang kedua adalah olahan sayur dengan rasa yang manis.


1. Es Krim

Tidak ada yang akan menolak es krim, meskipun itu es krim sayur. Penganan manis dingin ini adalah sajian favorit semua orang. Sawi, bayam, wortel, labu, semua bisa disulap menjadi es krim.


2. Kue kering/Kukis
Camilan saat santai bersama keluarga. Daya tahan yang lama adalah salah satu poin tambahan bagi olahan sayur yang satu ini.


3. Bolu



Bagi yang suka bolu tapi benci sayur, bisa kita siasati dengan yang satu ini. Sayuran yang dicampurkan bisa berupa serutan kecil atau sarinya saja.

4. Jeli/Puding
Menu yang satu ini juga tidak kalah populer dengan es krim. Tekstur yang lembut dan kenyal, serta rasa manis pasti bisa menipu pasukan anti sayur.


5. Jus
Olahan sayur ini sangat mudah dibuat. Kita bisa memilih satu jenis sayur ataupun mengombinasikannya dengan sayur lain ataupun buah.

Nah, bagaimana? Sudahkah Pengunjung menyusun siasat untuk mengalahkan pasukan anti sayur? Intinya, kita harus sabar dan terus mencoba.

Semoga artikel ini bermanfaat. Selamat berjuang dan semoga berhasil. πŸ˜†

Sumber gambar: Google


Comments

  1. I Love sayuran dan buah dan Kakangmas, Bunio🀭🀭

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Maafkan daku πŸ™‡ .....
      πŸ˜… tiap minggu aq jatah kulineran 😁

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

#24 Penduduk Nganjuk dan Kesenian Daerahnya

#23 Bentang Alam dan Pembagian Wilayah Kabupaten Nganjuk

#25 Tujuh Belas Tempat Wisata Populer Nganjuk