#29 Lima Fungsi Dapur Menurut Galeri Nio

Pengunjung Galeri Nio 🍳
Dapur adalah salah satu ruang atau lokasi yang wajib ada di setiap rumah. Fungsinya sebagai tempat untuk mempersiapkan hidangan bagi seluruh penghuni rumah. Bukan hanya rumah, bahkan di kantor, kereta api, dan pesawat sekalipun memiliki sebuah tempat khusus untuk menyiapkan makanan atau minuman.


Lain orang lain pikiran


Selain dianggap atau difungsikan sebagai tempat memasak, ternyata setiap orang memiliki pemikiran masing-masing mengenai fungsi dapur. Menurut saya pribadi, fungsi dapur sebenarnya masih ada lagi. Apakah itu?


Lima Fungsi Dapur Menurut Galeri Nio


1. Daerah kekuasaan


Bagi beberapa orang, dapur adalah sebuah daerah kekuasaan. Tidak ada seorangpun yang boleh masuk apalagi menyentuh barang-barang yang ada tanpa seizin empunya. Jika peraturan ini dilanggar, maka akan ada api amarah berkobar di dalam rumah.


2. Laboratorium


Dapur adalah sebuah laboratorium, tempat mencoba dan menguji hasil formulasi bermacam bahan dan bumbu. Tempat menghasilkan rasa-rasa baru yang eksotik. Bisa juga menghasilkan produk hidangan baru yang di luar pemikiran nalar. Namun tentu saja, kegagalan uji coba adalah hal biasa. Kesabaran para penguji sangat dibutuhkan pada rentang waktu tersebut.


3. Pelampiasan Emosi


Di dalam dapur kita bisa menemukan banyak alat untuk melampiaskan emosi. Misalnya saja ketika marah, ambil pisau dan talenan. Letakkan bahan makanan yang perlu dipotong. Eksekusi dengan tenaga maksimal.


Jikalau sedang sedih ataupun gundah, cukup kupas bawang merah. Iris-iris tipis. Lalu menangislah sepuas hati tanpa ketahuan.


4. Medan Perang


Fungsi yang satu ini memang agak ekstrim. Medan perang. Umumnya fungsi ini berlaku dalam sebuah rumah makan atau restoran. Para koki berperang melawan waktu dan panasnya kompor. Bahkan melawan ego ketika harus menghadapi komplain pelanggan atau teguran kepala koki.


Tidak ada waktu bersantai selama jam makan siang. Apalagi saat ramai pengunjung yang tidak sabar menanti datangnya pesanan.


5. Tempat Sakral


Dapur juga bisa disebut tempat sakral. Kesakralan ini berasal dari doa-doa yang ditiupkan dalam hidangan. Bait-bait berisi harapan pada Sang Mahaesa agar hidangan menjadi energi positif yang menyebar di dalam raga setiap orang yang menyantapnya.


Nah, itulah lima fungsi tambahan dapur. Kalau bagi saya pribadi, dapur adalah laboratorium (harap maklum, anak IPA πŸ˜…). Bagaimana dengan Pengunjung? Apakah fungsi dapur bagi menurut anda? Mari berbagi di kolom komentar.


Semoga tulisan ini bermanfaat. Terima kasih 😊

Comments

  1. Dapur itu tempat cari pujian 😬 diriku tak lebih pandai masak dari dirinya, makanya begitu diri ini mau masak pasti dapat pujiannya πŸ˜‚πŸ˜‚

    ReplyDelete
  2. Dapur adalah arena antara mertua dan menantu wanita berbagi skill.

    ReplyDelete
    Replies
    1. πŸ‘ klo serumah harus begitu, atau pas kunjung😁

      Delete
  3. Jujur gaes...akutuh kalo suruh mirih kerja mikir di depan laptop sama masak di dapur, pasti milih yg mikir depan laptopπŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

    ReplyDelete
    Replies
    1. πŸ˜† klo di dapur ujung2nya cuci2, klo laptop, tiduran 😁

      Delete
  4. Dapur tempat penuh cerita antara aku dan ibuπŸ’™πŸ’™πŸ’™

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

#24 Penduduk Nganjuk dan Kesenian Daerahnya

#23 Bentang Alam dan Pembagian Wilayah Kabupaten Nganjuk

#25 Tujuh Belas Tempat Wisata Populer Nganjuk