Rosemary

Assalamu'alaikum warahmatullohi wabarakaatuh.
Jumpa lagi♪... kita berjumpa lagi ♫ (Apa ada yang ingat lirik ini?😊)


Kali ini tiba saatnya artikel tentang rosemary. Sebenarnya, tanaman inilah yang saya buru, tapi entah bagaimana jadi beranak 3, hehehe... Boleh cerita sedikit? Asal mula saya tertarik dengan tanaman ini karena menonton film Ratatouille. Di salah satu adegan, Rémy si Tikus membumbui jamur dengan rosemary. Sejak itulah saya penasaran dengan tanaman satu ini. Sebelumnya saya sudah membeli tanaman ini di Semarang (pas ketemu di sana), tapi karena satu dua hal ... dia mati. Saya pun bertekad membeli lagi 😁.
Rosemary
Menurut penjelasan Wikipedia bahasa Indonesia, Rosmarin (Rosmarinus officinalis) adalah tumbuhan penghasil rempah-rempah dan bumbu masah dengan nama sama. Oleh generasi Indonesia sekarang, yang tidak mengenal nama bumbu ini dalam bahasa Belanda, ia lebih dikenal dengan nama bahasa Inggrisnya, rosemary. Rosmarin biasa dipakai pada kuliner kawasan Laut Tengah.
Tanaman ini berasal dari daerah mediterania, sehingga ia sangat menyukai sinar matahari. Kondisi tanaman dapat dikatakan sehat jika daun dan batang cenderung kaku. Jangan coba-coba meletakkan tanaman ini di tempat teduh dengan kondisi tanah yang basah/lembab. Daunnya akan berubah coklat seketika dan lama-lama wafat.  Daun rosemary beraroma harum yang khas (saya sangat suka). Aromanya akan keluar jika daunnya dibelai (cieee...).
Rosemary mengandung kalsium, zat besi, dan vitamin B6. Dari kandungan tersebut, tanaman ini memiliki khasiat untuk kesehatan sebagai berikut.

  1. Meningkatkan funsi otak.
  2. Mengurangi stres.
  3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  4. Sebagai antibakteri
  5. Kesehatan pencernaan.
  6. Kesehatan mulut dan menyegarkan napas.
  7. Melancarkan aliran darah.
  8. Sebagai pereda nyeri.
  9. Sebagai agen anti inflamasi.
  10. Detoksifikasi tubuh.
  11. Kesehatan kulit.
Manfaat lain dari rosemary adalah pengusir serangga serta hama lainnya. Olahan rosemary yang paling mudah adalah teh (cukup diseduh). Nah, sudah jadi! Saya mau ngeteh dulu, ya ... πŸ˜‰.

Tetap sehat, tetap semangat, sampai jumpa di artikel selanjutnya πŸ˜†.
Wassalamu'alaikum warahmatullohi wabarakaatuh.
Dari berbagai sumber


Baca juga Cabe Hitam, Mentol

#kopling
#ngopling
#ngoplingbebas

Comments

  1. Semoga bisa tumbuh dengan baik, rosemar nya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiiin, πŸ˜ƒπŸ™ trima kasih mbak Nova

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

#24 Penduduk Nganjuk dan Kesenian Daerahnya

#23 Bentang Alam dan Pembagian Wilayah Kabupaten Nganjuk

#25 Tujuh Belas Tempat Wisata Populer Nganjuk