Amarilis

Assalamu'alaikum warahmatullohi wabarakaatuh.


Akhirnya ... (baru mulai kok sudah berakhir?) sampai di artikel tanaman keempat. Amarilis (ini yang paling mahal di antara empatπŸ˜…). Dulu di samping rumah ada bunga ini, tapi warnanya jingga dan sekarang lokasi tumbuhnya sudah tertutup semen.



Saya baru tahu kalau tanaman ini memiliki warna bunga yang beragam ketika berkunjung ke Bali. Tanaman ini tumbuh liar di pinggir jalan. Warna bunga yang mencolok benar-benar meluluhkan jiwa.


Amarilis Merah
Tanaman Amarilis Merah memiliki nama asli Hippeastrum. Nama ilmiahnya Amaryllis sp. Orang Yunani menyebut bunga ini Amarullis yang berarti "kemegahan" atau "berkilau". Untuk pria, berarti kuat dan percaya diri, sedangkan bagi wanita memiliki arti kecantikan. Bunga ini berbentuk seperti bintang dan terompet sehingga melambangkan kebanggaan.


Amarilis tumbuh melalui umbi (umbi lapis) dan menyukai siraman cahaya surya. Meskipun tidak memiliki keharuman yang semerbak (kelopak bunganya beraroma manis tipis-tipis), namun warna yang cantik dan ukuran yang besar tetap bisa membuat jatuh cinta. Awalnya saya kira tanaman ini hanya bermanfaat untuk memanjakan mata, padahal dia juga punya peranan sebagai obat herbal (catatan: untuk pemakaian luar).

  1. Mengobati munculnya keseleo pada bagian tubuh: layukan bunga bakung di dekat api, hati-hati jangan sampai terbakar. Kemudian setelah bunga amarilis tersebut layu, tempelkan bunga yang sudah layu tersebut pada bagian tubuh anda yang megnalami keseleo, seperti mengompresnya.
  2. Mengobati sakit pinggang: Siapkan bunga bakung dan juga jahe merah dengan perbandingan 1 : 1, lalu tumbuh haus kedua bahan tersebut. Setelah halus, balurkan pada bagian pinggang untuk meredakan rasa nyeri.
  3. Membantu pengobatan sakit gigi: cuci bersih terlebih dahulu akar dari bunga bakung, lalu kemudian pijat akar tersebut, dan tempelkan pada bagian gigi yang terasa sakit. Hal ini akan membantu meredakan rasa sakit gigi selama beberapa waktu.
  4. Membantu melancarkan buang air kecil: cukup mengambil daun bunga bakung, kemudian mengoleskannya dengan minyak kelapa. Kemudian tempelkan daun yang sudah dioleskan dengan minyak kelapa ini pada bagian sekitar kandung kemih.
  5. Mengobati penyakit borok:  ambil bunga secukupnya, lalu tumbuk halus. Setelah itu campurkan dengan sedikt air, dan peras hingga kering. Balurkan air hasil perasan tersebut pada bagian kulit yang mengalami gejala borok.
Sampai di sini dulu ya ... Tetap sehat, tetap semangat, sampai jumpa di artikel selanjutnya πŸ˜†.
Wassalamu'alaikum warahmatullohi wabarakaatuh.
Dari berbagai sumber

Baca juga Cabe Hitam, Mentol, Rosemary
#kopling
#ngopling
#ngoplingbebas

Comments

Popular posts from this blog

#24 Penduduk Nganjuk dan Kesenian Daerahnya

#23 Bentang Alam dan Pembagian Wilayah Kabupaten Nganjuk

#25 Tujuh Belas Tempat Wisata Populer Nganjuk