Mentol

Assalamu'alaikum warahmatullohi wabarakaatuh.
Setelah membahas tentang Cabe Hitam, kali ini giliran Tanaman Mentol, harganya Rp10.000,00 πŸ˜†.
Peppermint
Mentha (Mint) adalah sebuah genus yang terbagi menjadi 25 spesies. Tanaman ini biasa ditanam di Eropa, Asia, Afrika, Australia, dan Amerika Utara. Kalau menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia),
 mentol1/men·tol/ /mΓ©ntol/ n terna tahunan, suku Lamiaceae yang membentuk stolon, bagian tanaman seluruhnya mengandung minyak asiri yang berbau harum dan dapat diekstrak dengan penyulingan, setelah didinginkan menghasilkan mentol.
Secara alami tanaman ini bisa berkembangbiak dengan 2 cara, yaitu generatif (biji) dan vegetatif (geragih/stolon). Dari sekian banyak spesies, saya bingung menentukan spesies apa yang telah duduk manis di halaman rumah. Setelah berkelana di dunia maya, bertanya, dan mencari di banyak situs serta tapa brata...(lho?) Akhirnya, ditetapkan bahwa yang saya beli adalah Peppermint bukan Spearmint, apalagi Superman 😁. 
Berdasarkan pengetahuan yang saya kantongi, perbedaan secara fisiologi kedua spesies tersebut adalah sebagai berikut.
  1. Peppermint memiliki aroma yang lebih kuat daripada Spearmint.
  2. Bentuk daun Spearmint lebih runcing, sesuai dengan namanya Spear (tombak).
Daun Mentol memiliki aroma yang segar dan dingin (semriwing). Awalnya saya ragu untuk membeli, tetapi setelah meremas sehelai daunnya, saya merasakan kesejukan di ujung-ujung jari. Wah, ini asli! Jika Pembaca memperhatikan foto di atas, ada bagian batang yang tidak berdaun alias pethal kata orang Jawa. Nah, itu sudah saya makan πŸ˜‚, dicampur dengan es krim melon buatan sendiri. Selain untuk dikonsumsi dengan diolah menjadi permen atau sebagai bahan campuran makanan dan minuman, daun Mentol juga dimanfaatkan sebagai obat, perawatan kecantikan, dsb (baca: dan saya bingung).

Sekian dulu dari saya. Semoga bermanfaat. Tetap sehat, tetap semangat, sampai jumpa di artikel selanjutnya πŸ˜†.
Wassalamu'alaikum warahmatullohi wabarakaatuh.
Dari berbagai sumber

Baca juga Cabe Hitam
#kopling
#ngopling
#ngoplingbebas

Comments

Popular posts from this blog

#24 Penduduk Nganjuk dan Kesenian Daerahnya

#23 Bentang Alam dan Pembagian Wilayah Kabupaten Nganjuk

#25 Tujuh Belas Tempat Wisata Populer Nganjuk