Cabe Hitam

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
Salah satu kegiatan wajib saat bepergian adalah pulang membawa oleh-oleh. Kali ini, saya membawa 4 tanaman ke Nganjuk dari Mojokerto. Nanti saya akan bahas satu persatu jenis dan manfaatnya masing-masing. Nah, yang akan dibahas pertama adalah ...
Cabe Hitam
Cabe Hitam atau dikenal dengan Black Hungarian Pepper/Black Royal memiliki nama latin Capsicum annuum longum. Tanaman ini pertama kali ditemukan di Hungaria (sesuai namanya). Bunga cabe hitam berwarna putih di bagian dasar dan ungu di ujungnya. Cabe yang masih muda berwarna hijau seperti cabe pada umumnya. Warnanya akan berubah menghitam seiring ukuran yang membesar.
Di Indonesia, Cabe hitam diminati sebagai tanaman hias karena warnanya yang unik. Meskipun bisa dikonsumsi, namun rasa pedas cabe ini tidak segarang warnanya (menurut artikel yang saya baca). Skala kepedasannya 5.000 - 10.000 SHU (Schoville Heat Units), sangat jauh dari cabe rawit yang biasa kita konsumsi, yaitu mencapai 30.000 - 50.000 SHU. Penasaran dengan kebenaran artikel tersebut, saya beranikan mencoba segigit Cabe hitam. Alhasil...HAAAAAH PEDEEESSHH. Lidah panas.... Sepertinya bisa untuk membuat Sambal Hitam (biar tidak merah atau hijau terus, hehe 😁).
Manfaat khusus dari mengonsumsi Cabe Hitam belum terbukti secara ilmiah (belum ada penelitian terkait). Jika ingin memasukkan Cabe Hitam ke dalam daftar menu harian, boleh saja. Asal tidak berlebihan. Karena hal yang baik pun jikalau berlebih jadi berbahaya.
Tetap sehat! Tetap semangat! Sampai jumpa di artikel berikutnya 😆!!
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Baca juga Mentol, Rosemary, Amarilis
#kopling
#ngopling
#ngoplingbebas







Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

#24 Penduduk Nganjuk dan Kesenian Daerahnya

#23 Bentang Alam dan Pembagian Wilayah Kabupaten Nganjuk

#25 Tujuh Belas Tempat Wisata Populer Nganjuk